Enjoy Panjalu: KOMUNITAS

Rabu, 27 Juli 2016

KOMUNITAS

Dari utara ciamis untuk  sebuah kebanggaan


Ciamis, kota Manis manjing dimanis ini, selain pesona wisata dan iklim yang sangat romantis ternyata menyimpan banyak hal yang tidak diketahui oleh umum salah satunya adalah euphoria sepak bola, memang benar sepakbola ciamis tak seeksis tim sepakbola profesional  lainnya tapi fanatisme dan rasa loyal para pendukungnya dapat diperhitungkan.

PSGC, sudah tak asing memang di telinga para warga Ciamis, Tim yg berjuluk "Laskar Ciung Wanara" ini menjadi salah satu hiburan bagi sebagian warga Ciamis, tim yg berdiri sejak tahun 1990, dan bermarkas di stadion Galuh Ciamis ini memang tak sehebat rekan satu daerah nya (PERSIB) tapi terlepas dari hal itu para pendukung PSGC pun tak kalah fanatiknya dibanding supporter Persib,

Ada salah satu pendukung PSGC yang sempat berbincang bersama kami. Mereka menamakan dirinya (BGCU) atau "Balad Galuh Ciamis Utara" ya mereka memang berada di daerah Ciamis utara yang salah satu korwilnya berada di desa Panjalu. Tidak dekat memang dari tempat mereka berdomisili menuju stadion galuh, tapi jarak dan waktu tak membuat mereka mengurungkan niat untuk melihat tim kebanggaanya.

Mereka berdiri pada 14 januari 2014, pada awal peresmiannya tak kurang 500 anggota yang terdaftar, mereka tak sebanyak pendukung tim satu daerah nya (persib) namun fanatisme dan rasa loyal tak kalah besar di hati mereka, berdiri nya BGCU berawal dari kumpulan para pemuda yang sangat merasa bangga akan kehadiran tim lokalnya, apapun bisa mereka korbankan untuk hanya sekedar melihat timnya berlaga di lapangan.

Di awal berdirinya tak kurang 2 bus, puluhan motor dan beberapa angkutan umum selalu mereka kirimkan menuju stadion Galuh untuk mengangkut anggotanya, tak ada yang membayar mereka, tak ada pula yang memberinya penghargaan, tapi itulah salah satu cara mereka untuk mengapresiasikan dirinya terhadap rasa loyal untuk tim kebanggaannya.

Selain menonton sepakbola banyak agenda positif yang biasa mereka lakukan, diantaranya bermain futsal atau hanya sekedar makan bersama, adapun agenda tahunan yang biasa mereka lakukan seperti buka bersama, bagi-bagi takjil, baksos dan banyak lainnya, ketika kami tanyakan kepada  Afut Gawir selaku ketua BGCU, ia menyatakan bahwa selain sebagai tempat untuk mensuport dengan total dan loyal tim kebanggaannya , komunitas ini juga menjadi salah satu wadah untuk menjalin silaturahmi dan untuk menambah relasi sesama pecinta sepakbola. Kental memang rasa persaudaraan yang diikat, karena memang itu tujuan utamanya.

Untuk itu mari kita buka mata,di depan kita ada secercak harapan jika kita bisa berkaca pada fenomena yang terjadi di luar negeri, Brazil yang merupakan Negara berkembang bisa dikenal dunia dan menjadi bahan pembicaraan orang banyak berkat sepakbola dan rasa bangga para warganya , begitu juga apa yang terjadi di Euro kemarin, Wales yang tiba-tiba semua orang mengetahuinya berkat pemain sepakbolanya, ini lah harapan kita, mari kita rapatkan barisan untuk mendukung kenyataan jika kita mulai dari bawah maka ketika kita berada di atas kita tidak akan lupa rasanya berada di bawah .

Lets support your local team. 
#enjoypanjalu
#stillproudofmyhometown














INVITE PIN KAMI D0EBD990

Tidak ada komentar:

Posting Komentar